Inilah Yang Membedakan AVSEC Dengan Security Keamanan Biasa

Yang Membedakan AVSEC Dengan Security

Yang Membedakan AVSEC Dengan Security

Inilah Yang Membedakan AVSEC Dengan Security Keamanan Biasa? Tak dapat dipungkiri memang jika bekerja di sebuah dunia penerbangan merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan juga menjadi impian dari sebagian besar orang, namun untuk bisa bekerja di suatu dunia penerbangan tentu saja tidak semudah yang dibayangkan.

Terlebih lagi jika pekerjaan tersebut memiliki hubungan dengan sebuah keamanan penerbangan seperti pada AVSEC atau Aviation Security. AVSEC sendiri merupakan seorang peugas ataupun karyawan bandara yang mana memiliki tanggung jawab kepada keamanan bandara serta kelancaran dari proses penerbangan.

Hal tersebut karena pentingnya keberadaan dari petugas AVSEC di sebuah bandara, sehingga ak heran jika lowongan pekerjaan menjadi AVSEC mengalami peningkatan. Untuk sebagian besar orang awam, mendengan kata security tentu saja berarti petugas keamanan, dan semua disamakan dengan security pada umumnya.

Namun AVSEC dan juga security pada umumnya berbeda, lalu apa saja perbedaan AVSEC dengan security biasa? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

AVSEC Harus Mendapatkan Sertifikat

Yang pertama adalah seorang securiy biasa hanya mendapatkan suatu pendidikan dari aspek keamanan fisik dari kepolisian, sementara unuk AVSEC tidak hanya mendapatkan suau pendidikan seperti kepolisian saja, namun juga mendapakan pendidikan mengenai kebandarudaraan.

Aturan Lebih Ketat

Kemudian yang kedua adalah aturan yang ada juga sangat berbeda karena aturannya adalah aturan internasional, nantinya seorang AVSEC haruslah memiliki sertifika lebih dulu karena masalah yang nantinya bisa dihadapi tidak hanya bersifa teknikal saja.

Melainkan juga beberapa masalah lain seperti pelayanan yang baik untuk setiap pengguna jasa salah satunya. Oleh karena itu seorang petugas AVSEC akan dibekali dengan pendidikan yang bersifa melayani secara baik dan maksimal. Dan untuk mendapatkan setifikat tersebut, tentu saja dibutuhkan diklat khusus tentang kebandarudaraan agar nantinya bisa diugaskan pada area khusus.

AVSEC Harus Mengikuti Diklat

Lalu yang ketiga adalah seorang AVSEC nantinya akan mengikuti suatu diklat khusus yang mana mempelajari mengenai X-ray, kemudian ecplosive detector, lalu negotiation, dangerous goods dan yang lainnya.

Seorang AVSEC sendiri mendapatkan pendidikan mengenai negosiasi bermaksud agar nantinya jika terjadi suatu masalah seperti pesawat yang delay yang dapa menimbulkan penumpang menjadi ribut dan juga marah.

Tugas AVSEC Sangat Berat

Selain itu tugas utama dari seorang AVSEC sendiri bisa dibilang sangat berat, seperti menjamin keselamaan dari semua penumpang, baik itu di darat ataupun di udara. Sedangkan untuk security biasa, sebagian besar bekerja di darat saja.

Kemudian untuk kegiatan yang dilakukan juga sudah sesuai dengan undang – undang, namun memang masih banyak pengguna jasa yang belum memahami mengenai AVSEC dan security biasa. Dengan demikian ak heran jika suatu pemukulan dan juga penghindaan masih saja sering didapatkan oleh sebagian petugas AVSEC.

Jadi pada dasarnya adalah jika memang ingin menjadi seorang petugas di bandara aataupun AVSEC, memang harus lulus beberapa tes dan juga mempunyai kemampuan di bidangnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp