Resiko Bekerja Menjadi Pramugari Yang Harus Dihadapi

Resiko Bekerja Menjadi Pramugari

Resiko Bekerja Menjadi Pramugari

Resiko Bekerja Menjadi Pramugari Yang Harus Dihadapi? Sampai dengan sekarang ini untuk bisa menjadi seorang pramugari dari sebuah maskapai penerbangan memang merupakan sebuah profesi yang membuat seseorang tersebut terlihat sangat keren dan membanggakan.

Bahkan sebagian besar orang akan merasa iri jika melihat seseorang yang bisa berhasil menjadi seorang pramugari. Terlebih lagi jika orang tersebut dapat bergabung pada maskapai penerbangan yang terkenal dan juga mempunyai kredibilitas yang baik.

Menjadi seorang pramugari sendiri memang mempunyai kesempatan untuk bisa berkunjung ke berbagai kota serta negara secara gratis, atau bahkan akan dibayar dengan harga yang di atas pekerja kantoran, belum lagi untuk gaya dan juga eksistensi menjadi lebih tinggi, dengan demikian takheran jika banyak pramugari yang terkenal.

Namun di balik kehidupan menjadi pramugari tersebut, terdapat beberapa resiko bekerja menjadi pramugari yang harus dihadapi oleh para pramugari tersebut, apa saja? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Berikut 6 Resiko Bekerja Menjadi Pramugari Yang Harus Dihadapi

Persaingan Sangat Ketat

Yang pertama adalah persaingan untuk mejadi pramugari sangatlah ketat, sekarang ini kebutuhan akan pramugari di sebuah maskapai penerbangan memang cukup banyak, namun tidak berarti sebuah maskapai penerbangan secara gampang menerima pelamar pekerjaan untuk bisa diangkat menjadi pramugari di salah satu pesawatnya.

Hal tersebut karena terdapat banyak sekali cara untuk melakukan seleksi yang harus dilewati dengan sangat ketat. Sebuah profesi yang mana menawarkan berbagai keuntungan tersebut bisa dibilang jika 1 kursi untuk menjadi pramugari akan diperebutkan oleh sekitar 10 sampai dengan 15 pelamar.

Bahkan untuk maskapai penerbangan yang sudah memiliki kredibilitas tinggi atau bonafit 1 kursi pramugari akan diperebutkan oleh 50 sampai dengan 60 orang.

Resiko Lebih Besar Dibandingkan Penumpang

Kemudian yang kedua adalah seorang pramugari mempunyai resiko yang lebih besar dibandingkan penumpang, karena nyawa dan juga keselamatan dari penumpang lebih penting dibandingkan dengan nyawa serta keselamatannya sendiri.

Dengan demikian tak heran jika setiap terjadi suatu kecelakaan pesawat, perbandingan pramugari yang mana mengalami cidera lebih tinggi dibandingkan penumpang.

Kehilangan Waktu Bersama Keluarga

Lalu yang ketiga adalah seorang pramugari harus siap untuk resiko kehilangan waktu bersama dengan keluarga. Karena waktu operasional dari suatu maskapai penerbangan berlangsung setiap hari selama hampir 24 jam, maka seorang pramugari harus bisa melayani penumpang selama penerbangan tersebut lebih dari 14 jam.

Selain itu juga harus siap jika sewaktu – waktu ditugaskan untuk melakukan penerbangan malam. Dengan demikian waktu untuk berkumpul bersama keluarga secara otomatis akan sangat berkurang.

Postur Tubuh Berpengaruh

Selanjutnya adalah postur tubuh seorang pramugari sangat berpengaruh, untuk menjadi seorang pramugari salah satu syaratnya adalah mempunyai postur tubuh yang proporsional, baik itu untuk tinggi ataupun berat badan.

Nantinya sebuah maskapai penerbangan akan memilih pelamar yang mempunyai tinggi dan berat minimal serta maksimal yang sudah menjadi standarnya. Postur tinggi badan memang sangat berpengaruh pada berhasil ataupun tidaknya seseorang pramugari, karena nantinya akan berpengaruh pula dengan bisa atau tidaknya meraih kompartmen bagasi yang ada pada atas kabin untuk bisa membantu penumpang meletakkan bagasinya.

Selain itu dengan berat badan yang ideal juga akan membuat pramugari tersebut menjadi lebih mudah untuk bisa melakukan tugas dan tanggung jawabnya.

Selalu Memberikan Yang Terbaik

Selain itu juga mempunyai resiko dengan mood ataupun karakter dari setiap penumpang, dalam artian seorang pramugari harus bisa selalu bersikap sopan santun kepada semua penumpang meskipun penumpang tersebut memberikan sikap yang kurang mengenakan.

Karena seorang pramugari harus bisa membuat penumpang merasa nyaman dan aman, bahkan tidak peduli jika pramugari tersebut sedang mempunyai suatu masalah probadi maupun sedang dalam kondisi yang tidak baik.

Jadi itulah beberapa resiko menjadi pramugari, jadi Anda jangan menganggap jika profesi pramugari merupakan sebuah pekerjaan yang mudah dan juga menyenangkan, karena akan terdapat resiko yang harus dihadapi setiap saat.

Dan untuk Anda yang tertarik untuk menjadi pramugari, maka Anda bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk menjadi pramugari agar nantinya mempunyai bekal pengalaman serta pengetahuan dalam dunia penerbangan dan juga menjadi seorang pramugari yang profesional. Untuk melakukan pendaftaran, maka Anda bisa menghubungi pihak panitia pendaftaran FAAST Penerbangan ataupun bisa langsung mengunjungi situs websitenya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp