Apa itu Flight Attendant? Serta Apa Sajakah Tugas Tugasnya

Apa itu Flight Attendant? Istilah flight attendant sekarang lebih sering kita dengar, apalagi dengan semakin populernya profesi ini di kalangan profesional. Lalu sebenarnya apa itu flight attendant? Flight attendant sederhananya adalah pramugari/pramugara dalam bahasa Inggris. Kalau pramugari rasanya setiap orang sudah tahu bukan, apa pekerjaannya?

Flight attendant adalah petugas di dalam pesawat yang melayani penumpang demi kenyamanannya dan menjaga keselamatan sebelum, saat, dan setelah penerbangan berlangsung.

Apa itu Flight Attendant

Apa itu Flight Attendant

Tugas pramugari ternyata tidak hanya saat pernebangan sebagaimana yang kita lihat saja. Sebelum pesawat terbang, perbekalan perlu dipersiapkan dan dipastikan tersedia oleh pramugari. Alat pemadam kebakaran yang memadai, kotak P3K yang cukup, serta tabung oksigen, dan makanan serta minuman harus tersedia sesuai standar.

Kemudian saat penumpang pesawat boarding, flight attendant harus menyambut penumpang dan apabila perlu, mengantarkan setiap orang ke tempat duduk sesuai nomor tiketnya. Flight attendant juga bertanggung jawab untuk membantu penumpang memasukkan barang-barang ke bagasi, dan membantu orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus seperti anak-anak, difabel, dan manula.

Sebelum terbang, flight attendant harus memastikan setiap penumpang memakai sabuk pengaman dengan benar, memverifikasi daftar penumpang di pesawat, memeriksa bagasi, dan semua kompartemen di pesawat terpasang dengan erat.

Apa Yang Dilakukan Pramugari Sebelum Take Off?

Tepat sebelum take off atau lepas landas, flight attendat akan memperagakan prosedur keselamatan dihadapan seluruh penumpang. Flight attendant memberi infomasi bagaimana cara menggunakan masker oksigen dan dimana tempatnya, perangkat flotasi, pintu keluar darurat, proses evakuasi, dan lain-lain.

Selama penerbangan, flight attendant akan menawarkan minuman dan makanan kepada penumpang. Flight attendant diharuskan ramah kepada seluruhnya dan menjawab pertanyaan dengan baik. Jika disediakan, headphone, selimut, bantal, kaus kaki, dan lain-lain juga akan diberikan oleh flight attendant. Selain itu fligt attendant juga harus bisa mengarahkan penumpang serta mengelola evaluasi dan pertolongan pada kondisi darurat.

Sesaat sebelum mendarat, flight attendant akan menginformasikannya kepada penumpang agar kembali mengencangkan sabuk pengaman dan mempersiapkan kabin. Berikutnya, flight attendant kembali mengantarkan penumpang ke depan pintu pesawat untuk keluar dengan tertib dan nyaman.

Beberapa flight attendant langsung turun dari pesawat untuk menawarkan bantuan pada orang-orang yang memerlukan perlakuan khusus, mengambilkan bagasinya, dan meninggalkan pesawat.

Setelah seluruh penumpang turun, flight attendant akan memeriksa seluruh kompartemen overhead dan kursi dalam pesawat untuk memastikan tidak ada barang-barang pribadi milik penumpang yang tertinggal, dan kembali mengulangi prosedur pekerjaannya dari awal untuk mempersiapkan penerbangan selanjutnya. Terakhir, flight attendant juga diwajibkan untuk mengisi laporan pada setiap penerbangan yang dijalani.

Ternyata, meskipun kelihatannya mudah, menjadi flight attendant sangat sibuk. Dengan segala kesigapan dan resiko kerjanya, tidak heran flight attendant mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp