12 Aturan Aneh yang harus Diikuti oleh setiap Pramugari

Sekolah Pramugari Ada beberapa aturan ketat yang harus diikuti oleh setiap pramugari. Aturan-aturan tersebut bisa jadi terlihat aneh karena tidak perlu dikhawatirkan oleh sebagian besar karyawan di bidang pekerjaan lainnya. Apa saja? Berikut 12 Aturan Aneh yang harus Diikuti oleh setiap Pramugari :

1. Mereka tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu pendek

Hal ini bukan berarti karena maskapai mendiskriminasi orang karena ketinggian tubuhnya. Tinggi badan memainkan peran yang sangat penting dalam fungsi pekerjaan. Pramugari tidak boleh terlalu pendek karena mereka perlu membantu penumpang menyimpan tas mereka di atas kabin penumpang dan harus mampu mencapai peralatan medis yang letaknya tinggi. Jika mereka terlalu tinggi, mereka juga tidak akan dapat melakukan tugas-tugas penting di pesawat.

2. Pramugari tidak boleh gemuk

Seperti tinggi badan, diskriminasi terhadap individu yang kelebihan berat badan tidak bersifat pribadi. Satu ketentuan bahwa pramugari harus memiliki bobot yang idela dan sebanding dengan tinggi badan untuk memastikan orang itu akan membantu “memungkinkan pengoperasian yang aman di pesawat.” Dengan kata lain, pramugari harus dapat bergerak cepat di sekitar pesawat jika diperlukan dan tidak menghalangi gang (area orang lewat) jika terjadi keadaan darurat.

3. Mereka tidak diizinkan merokok

Seorang pramugari harus bebas nikotin selama setidaknya enam bulan sebelum mengajukan lamaran pekerjaan mereka. Hal ini untuk menghindari masalah menemukan karyawan yang melanggar aturan untuk mengambil diam-diam mengambil istirahat merokok di kamar mandi.

4. Pramugari tidak dapat memiliki tato yang terlihat

Kupu-kupu mungil yang Anda dapatkan di tulang pinggul tidak akan menyebabkan masalah, tetapi tato leher akan menyebabkan Anda harus mencari pekerjaan lain. Sebagian besar maskapai penerbangan tidak akan membiarkan pramugari memiliki tato yang terlihat meskipun mereka ditutupi oleh perban atau makeup. Bahkan tato kaki tidak diperbolehkan karena tidak dapat ditutupi dengan kaus kaki.

5. Mereka harus menata rambut mereka dengan cara tertentu

Gaya rambut mungkin tidak lebih dari panjang tiga inci atau idak melambai atau menggulung ke luar ke volume ekstrem. Anda juga tidak dapat memiliki rambut, mohawk, atau rambut berwarna yang tidak wajar.

6. Sebagian mereka tidak boleh menikah

Aturan ini sepertinya merupakan sisa dari aturan masa lalu yang masih berlaku di sebagian maskapai penerbangan sampai hari ini. Maskapai penerbangan JetBlue mewajibkan seorang pramugari harus lajang (belum menikah) saat melamar pekerjaan menjadi pramugari junior, sementara kru yang “berpengalaman” sebagian dibolehkan yang sudah menikah. Qatar Airways dulunya memiliki kebijakan di mana anggota kru yang menikah atau hamil dalam lima tahun pertama masa kerja mereka akan dipecat, tetapi saat ini aturan tersebut sudah dihapuskan.

7. Mereka tidak dapat menggunakan semua yang ada di dalam alat medis onboard

Hal ini bisa jadi membuat penumpang merasa lebih baik dengan mengetahui bahwa penerbangan mereka dilengkapi dengan peralatan medis termasuk defibrillator. Tetapi pramugari tidak diizinkan menggunakan semua instrumen dalam kit medis tersebut seperti jarum suntik dan tabung IV jika mereka tidak dilatih secara resmi. Untuk tipe-tipe darurat tersebut, mereka harus menunggu dokter di pesawat

8. Mereka tidak dapat mengekspresikan kepribadian mereka melalui makeup

Pewarna mata gelap, lipstik tebal, cat kuku neon atau riasan apa pun yang terlalu ekspresif tidak diperbolehkan untuk pramugari. Fly Emirates mengharuskan pramugari wanita untuk mengenakan lipstik merah dan lip liner selama penerbangan sementara kru Maskapai Penerbangan United mengharuskan menggunakan riasan secara konservatif tanpa warna ekstrim. Cat kuku juga harus bernuansa merah atau tidak ada sama sekali.

9. Pria tidak bisa memiliki janggut

Kamu menggilai mdel jambang dan janggut? Hal ini tidak dapat diterima untuk pramugari pria. United Airlines memiliki kebijakan bahwa janggut tidak boleh melebihi 1 inci di bawah dagu pria dan kumis tidak boleh tumbuh ¼ inci di bawah mulut.

10, Mereka harus bisa berenang

Mereka mengatakan bahwa tidak ada yang namanya “pendaratan air”. Tapi tetap saja, jika evakuasi darurat ke dalam air, Anda akan ingin mempunyai pramugari yang merupakan perenang yang handal untuk membantu penumpang yang tidak bisa berenang. Pramugari British Airways harus dapat berenang sejauh 55 yard.

11. Pramugari tidak bisa memakai banyak anting

Tren modern untuk tindikan dan beberapa lubang anting-anting tidak memiliki tempat di dunia pramugari. Biasanya, pramugari hanya diizinkan untuk memakai sepasang anting-anting pada suatu waktu, dan bahkan anting-anting itu harus berukuran kecil.

12. Mereka harus mampu mengangkat barang-barang berat

Pikirkan betapa sulitnya mengangkat barang-barang Anda ke bagasi penumpang. Sekarang bayangkan hal tersebut untuk dilakukan berkali-kali selama 10 jam waktu kerja. Satu maskapai penerbangan mengharuskan pramugari untuk dapat mengangkat berat 50 pound  dari lantai ke ketinggian pinggang dan 22 pound di atas kepala. Hal tersebut membutuhkan kekuatan lengan atas yang banyak.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp